8 Tempat Wisata di Maluku Utara

8 Tempat wisata di Maluku Utara memang sangat menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar bagian dari Maluku Utara adalah berupa pulau. Pulau-pulau yang ada di Maluku mencapai 395 pulau, namun tidak semua pulau ada penghuninya, sebanyak 64 pulau yang dihuni, dan sisanya sebanyak 331 pulau adalah pulau yang tidak berpenghuni.

Maluku Utara, mempunyai objek wisata yang cukup banyak yang tersebar di beberapa kabupaten kota. Tetapi sebelum anda memutuskan untuk pergi ke pulau tersebut, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai macam-macam tempat wisata di Maluku Utara yang baik dan aman untuk dikunjungi, agar anda tidak tersesat sesampainya disana.

8 Tempat Wisata di Maluku Utara

Berikut adalah 8 tempat wisata di Maluku Utara yang pantas untuk di kunjungi

Pantai Kupa-Kupa

8 Tempat Wisata di Maluku Utara
8 Tempat Wisata di Maluku Utara. Pantai Kupa Kupa Tobelo (sumber nusantarakaya)

Pantai ini berlokasi di desa Kupa-Kupa, Tobelo, Maluku Utara. Pantai ini memiliki arus laut yang tenang sehingga cocok untuk berolahraga air seperti diving dan snorkling, dibibir pantai anda juga bisa melihat deretan pohon beringin dan ketapang yang berjajar disepanjang pantai yang menambah karisma dari pantai ini. Selain itu, pantai ini juga mempunyai asset terumbu karang yang tumbuh disepanjang pantai dengan background pegunungan yang indah, maka tidak aneh jika wisatawan asing selalu memadati pantai ini.

Air Terjun Cibcebi

Terletak di kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Air terjun ini adalah satu-satunya air terjun yang ada di Maluku Utara. Dengan memiliki ketinggian 14 meter, air terjun ini berada di lembah sungai Waci-Petely, airnya mengalir ke sungai Waci dan bermuara ke pantai yang berada diantara dua desa yaitu desa Waci dan Peteley.

Danau Ngade dan Danau Tolire

Tempat wisata di maluku utara yang selanjutnya adalah Danau Ngade dan Danau Tolire. Di tepi danau, terlihat jelas puncak Gamalama yang berdiri tegap memancarkan karismanya yang diyakini masyarakat setempat menyimpan harta karun dan menjadikan tempat untuk mencari peruntungan. Tidak seperti Danau Toba, danau ini tidak begitu terkenal di Indonesia. Danau ini tidak terkenal dengan pesona alamnya, melainkan terkenal dengan sejarah yang dimilikinya.

Danau Duma dan Telaga Makete

Masyarakat setempat lebih mengenal tempat wisata di Maluku Utara ini dengan sebutan Telaga Duma-Galela. Danau Duma merupakan danau terbesar di pulau Halmahera yang memiliki nilai historis yang sangat penting bagi masyarakat setempat. Tempat wisata yang satu ini akan memanjakan mata anda dengan menawarkan panorama alam yang indah dan masih asri. Airnya jernih dan tenang sehingga cocok untuk berenang, memancing maupun berperahu, disini juga terdapat telaga Makete. Lokasinya berada di kec. Galela, kab. Halmahera Utara.

Pantai Manaf

Salah satu tempat wisata di Maluku Utara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Daya tarik pantai ini terletak pada pantai yang berpasir putih dengan pemandangan pantai yang menarik, ombaknya yang tidak begitu besar dan tenang sehingga aman untuk berenang disekitar bibir pantai dan berjemur.

Goa Sagean

Selanjutnya, tempat wisata di Maluku Utara berbentuk gua, dinamakan Gua Sagean. Terletak di desa Sagean kecamatan Weda, Halmahera Tengah. Gua ini menawarkan panorama alam gua yang unik.

Taman Laut Pulau Widi

Tempat wisata di Maluku Utara selanjutnya Taman Laut Pulau Widi yang berada di kawasan kabupaten Halmahera Selatan, ini memiliki keindahan bawah laut seperti Raja Ampat, juga memiliki keindahan pantai pasir yang berwarna putih.

Pulau Zumzum

Pulau Zum Zum
Pulau Zum Zum ( sumber infojakarta. )

Tempat wisata di Maluku Utara yang selanjutnya adalah Pulau Zumzum. Pulau ini memiliki kedamaian laut yang ditemani semilir angin yang berhembus membuat jiwa kita merasa tenang. Berbeda dengan pulau lain, di Pulau ini kita akan menemukan berbagai macam kerang, mulai dari yang berukuran kecil sampai kerang sebesar batu yang bisa diduduki oleh orang dewasa.

Itulah deretan dari macam-macam tempat wisata di Maluku Utara yang baik dan aman untuk anda kunjungi. Hindari berwisata ke tempat yang belum anda ketahui informasi jelasnya, karena itu dapat membahayakan anda dan keluarga anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *