Tempat Wisata di Belitung Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Belitung Yang Wajib Anda Kunjungi – Semua orang pasti mengenal Pulau Belitung berkat populernya kisah para pelajar berjuang mendapatkan ilmu dalam novel Laskar Pelangi. Dalam kisah besutan Andrea Hirata ini, Belitung di gambarkan sebagai pulau kecil dengan deretan pantai-pantai dan panorama sunset yang cantik menawan. Namun daya tarik tempat wisata di Belitung tidak hanya terdapat dalam pantainya yang berpasir putih tetapi juga pada kekayaan hikayat juga kulinernya yang luar biasa lezat.

Tempat Wisata di Belitung Yang Wajib Anda Kunjungi

Di Pulau Belitung ini Anda dapat melakukan beragam aktivitas dan menjelajahi keragaman hikayat yang membentuk Pulau ini begitu mempesona. Berikut ini beberapa tempat wisata di Belitung yang wajib Anda kunjungi.

Tanjung Tinggi

Tempat Wisata di Belitung Yang Wajib Anda Kunjungi
Tempat Wisata di Belitung Yang Wajib Anda Kunjungi (sumber harianterbit )

Pulau Tanjung Tinggi BelitungPertama-tama adalah keindahan Tanjung Tinggi yang letaknya sekitar 37 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki bentuk unik serupa busur yang berfungsi memecah ombak, menyebabkan arus melambat dan tidak lagi keras. sehingga cocok sebagai tempat bermain anak-anak. Tidak hanya itu, sunset di daerah ini pun amat mempesona karena batu-batu granit yang berserakan di tepi pantai. Sepanjang garis pantai, Anda akan menjumpai berbagai restoran seafood yang menyajikan menu khas Belitung seperti perkedel kepiting atau ikan bakar.

Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang BelitangLain halnya dengan Tanjung Kelayang. MEski letaknya berdekatan dengan Tanjung Tinggi, kontur pantainya jauh berbeda. Terletak di arah utara pulau Belitung sekitar 27 km dari pusat kota Tanjung Pandan, Anda akan menemukan gugusan batu granit yang berbentuk unik bertebarang di sepanjang garis pantai. Tidak hanya itu saja, ada dua gugusan batu yang cukup menarik minat para pelancong karena berbentuk seperti penyu dan burung.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas BelitungBila Anda memiliki waktu yang cukup panjang, maka Pulau Lengkuas yang terletak kira-kira 4 km di utara Tanjung Kelayang layak disinggahi. Dengan menyewa perahu boat, Anda dapat mencapai pulau ini sekitar 40 menit perjalanan laut. Salah satu obyek wisata paling menarik di tempat ini adalah Mercusuar setinggi 50 meter peninggalan Belanda. Anda bisa naik ke atas lalu memandang ke arah laut dan melihat berbagai pulau kecil yang mengitari pulau Belitung. Mercusuar inilah ikon Pulau Belitung yang paling terkenal.

Senorkeling di Pulau Babi dan Pulau Garuda

Snorkeling di pulau garuda belitungSelepas dari Pulau Lengkuas, Anda dapat melakukan aktivitas island hoping yakni berkunjung ke pulau-pulau kecil yang tersebar mengitari Pulau Belitung. Ada setidaknya 2 pulau kecil yang layak Anda masukkan dalam jadwal perjalanan. Pertama adalah pulau Babi dan yang kedua adalah pulau Garuda. Di sini Anda dapat melakukan snorkeling dan memandangi keindahan terumbu karang.

Gunung Tajam

Wisata Gunung Tajam BelitungUji pula stamina dan fisik Anda dengan menjelajahi tempat wisata di Belitung yang satu ini. Gunung Tajam sejatinya bukit tertinggi di Belitung dan selama bertahun-tahun digunakan oleh TVRI sebagai tempat mendirikan menara rely. Keasriannya yang masih terjaga karena sebagian hutan di sini termasuk dalam kawasan hutan Lindung. Setelah berjalan cukup dalam, maka Anda akan menemukan air terjun Gurok Beraye yang benar-benar memukau.

Kedai Kopi Warung Atet

Tentu saja perjalanan wisata anda di Belitung belumlah lengkap tanpa meminum kopi di Warung Atet, warung kopi tertua di kota 1001 kedai kopi, Mangar. Di sini Anda bisa mencicipi kopi O yang menjadi khas Belitung, juga berbagai penganan lainnya. Anda juga dapat bercengkrama dengan penduduk lokal yang menjadikan aktivitas minum kopi di Mangar sebagai ajang silahturahmi dan bertukar kabar.

Demikianlah sedikit dari tempat wisata di Belitung yang wajib Anda kunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *