Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah

Tempat wisata di Klaten Jawa Tengah sangatlah menarik untuk dikunjungi, terlebih di Klaten sangat banyak sekali tempat-tempat wisata bersejarah yang menurut sebagian orang tempat wisata itu harus dikunjungi. Entah untuk tujuan apa, yang pasti ada sebagian orang yang fanatik tentang tempat-tempat sejarah tersebut. Bukan hal aneh jika banyak orang yang berkunjung ke Klaten hanya untuk mencari tau sejarah dari suatu tempat tersebut.

Namun sayangnya, kali ini kita tidak akan berbicara mengenai macam-macam tempat bersejarah tersebut. Melainkan berbagai macam tempat yang jauh lebih menarik yakni tentang objek wisata alam di Klaten yang bisa dikunjungi. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan lain bagi anda para pelancong yang senantiasa menyukai keindahan alam terbuka dan bersyukur dengan anugerah yang telah Tuhan berikan. Daripada anda semakin penasaran, mari kita simak dibawah ini mengenai macam-macam tempat wisata di Klaten Jawa Tengah yang pantas menjadi pertimbangan anda.

Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah

Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah
Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah (sumber Instagram)

Berikut adalah macam-macam keindahan alam tempat wisata di Klaten Jawa Tengah yang bisa anda kunjungi.

Bukit Sidoguro

Tempat wisata di Klaten Jawa Tengah yang pertama adalah Bukit Sidoguro. Bukit ini terletak di desa Krakitan, kecamatan Bayat, Klaten. Tempat wisata ini kelihatannya belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat, pernyataan itu jelas saja terucap ketika melihat adanya arena bermain anak yang kelihatannya sudah sangat tidak terawat sekali. Dan fasilitasnya masih bisa dikatakan kurang layak.

Bila bicara kenyamanan, tentunya berwisata ke Bukit Sidoguro ini kurang begitu nyaman. Tapi, tidak tahu kenapa banyak sekali pasangan yang pacaran disana, entah karena bingung tidak ada tempat lain lagi atau ada alasan lain. Di Bukit Sidoguro juga sering diadakan suatu tradisi berupa Grebeg Syawalan. Grebeg Syawalan yang selalu dilaksanakan setiap tanggal 8 Syawal, prosesi ini diawali dengan prosesi Kirab Gungungan Ketupat dari depan Mesjid Agung Klaten menuju ke Bukit Sidoguro

Tempat wisata di Klaten Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Air Terjun Luweng Sampang. Terletak di perbatasan desa Jogoprayan kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah. Air terjun Luweng Sampang ini belum banyak terekspose, jadi tidak aneh jika pengunjungnya masih terbilang sedikit.

Air Terjun Luweng Sampang

Luweng sampang merupakan salah satu tempat wisata di Klaten Jawa Tengah berupa air terjun yang memiliki keunikan tersendiri. Tingginya memang bisa terbilang pendek, karena tingginya hanya sekitar 5M saja. Jika musim hujan tiba, air yang jatuh dari ketinggian itu akan terlihat sangat indah. Batuan yang ada disekitarnya terlihat sangat menarik berupa dinding batu yang tergerus oleh air. Sekilas, bentuknya seperti Grand Canyon, yang membuat berbeda hanyalah besarnya yang relatif lebih kecil. Menurut warga sekitar dibalik grojogan air terjun Luweng Sampang terdapat air terjun kecil yang dahulu suka digunakan Sunan Kalijaga untuk bertapa memohon pencerahan kepada Allah. Saat ini tempat itu digunakan untuk area pemancingan dan area bermain biasa saja.

Sekian tulisan saya mengenai tempat wisata di Klaten Jawa Tengah, sebenarnya masih banyak sekali objek wisata di Jawa Tengah yang belum saya bahas disini. Mudah-mudahan di lain waktu saya bisa melanjutkan ulasan mengenai tempat wisata di Klaten yang lainnya. Jika anda penasaran ingin mengetahui lebih jauh mengenai macam-macam keindahan tempat di Klaten, silahkan nantikan pada pembahasan selanjutnya. Atau anda bisa berlangganan di blog ini agar anda tidak ketinggalan berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *